Masya Allah, Ternyata Ini Keistimewaan Aleppo Yang Bersejarah !

Reruntuhan bangunan dan juga jalan - jalan yang rusak merupakan potret terbaru aleppo, suriah. tidak susah menciptakan gedung separuh sirna, terlebih lagi rusak seluruhnya. nampak jelas jejak pembombardiran di seluruh sisi. kota ini babak belur karna jadi basis pertempuran pasukan pemerintah suriah dan milisi oposisi bersenjata.

sementara itu, dahulu aleppo merupakan kota terpadat di suriah. sepanjang berabad - abad, aleppo mempertahankan gelarnya bagaikan salah satu kota amat berarti. itu pula yang jadi sebab aleppo begitu diperebutkan hingga titik darah penghabisan.

aleppo terletak di barat laut suriah dan juga jadi bunda kota provinsi aleppo. pbb menyebutnya kota kuno aleppo. tubuh pbb yang mengurusi tarbiyah, ilmu pengetahuan, dan juga budaya, ialah united nations educational, scientific and cultural organization (unesco) , menobatkannya bagaikan salah satu web peninggalan dunia. dahulu, aleppo populer bagaikan kota kuno yang pula metropolis.

aleppo jadi salah satu kota tertua yang kesatu kali ditempati di dunia. bagi ensiklopedia columbia, aleppo bisa jadi sudah ditempati semenjak tahun 6 milenium saat sebelum masehi. bagi bacaan mesir kuno, aleppo sudah ditempati semenjak abad 20 saat sebelum masehi. sepanjang berabad - abad, aleppo merupakan daerah terbanyak ketiga kesultanan utsmaniyah sehabis konstantinopel dan juga kairo.

bila dilihat sekilas, susah menciptakan letak keistimewaan kota yang berposisi di dataran suram dan juga berdebu itu. aleppo tidak memiliki sungai, oasis, pelabuhan, pegunungan, ataupun kelebihan apa juga yang dapat nampak mata telanjang.

kenapa aleppo membikin orang - orang mau tinggal di situ sementara itu tidak banyak panorama alam yang dapat dilihat? nyatanya, orang - orang semenjak era perunggu merasakan tenaga geopolitiknya. mereka ketahui aleppo merupakan posisi yang strategis.

pemerintah suriah dan juga oposisi bertempur memperebutkannya dengan sebab yang sama. siapa juga yang mengatur aleppo hingga dia yang mengatur penggalan utara negara.

aleppo dibentuk dari perdagangan sepanjang berabad - abad. sebagian besar penduduknya semenjak dini merupakan orang dagang, terlebih lagi sampai dikala ini. kemampuan berdagang mereka diucap peninggalan legenda. terdapat pepatah berkata, " benda yang terjual di kairo dalam sebulan, dapat terjual di aleppo dalam satu satu hari. "

itu menjadikan aleppo kota yang bernilai besar. penduduknya berasal dari seluruh latar balik. aleppo menggabungkan orang - orang arab, kurdi, turki, persia, yahudi, armenia, sampai eropa. dahulu, di situ hidup damai orang yang berubah agama, etnis, dan juga budaya.

pada akhir abad ke - 12, separuh dari populasi aleppo merupakan umat kristiani. petinggi - petinggi dikala itu merupakan orang - orang seljuks, kelompok turki yang masuk dari iran dan juga setelah itu jadi muslim suni. budaya dan juga arsitektur mereka setelah itu bercampur dengan budaya lokal.

salah satu fakta pencampuran itu merupakan masjid agung aleppo yang runtuh dikala gempuran pada 2013. masjid ini menyajikan perpaduan unik antara style persia, arab, dan juga turki yang terhampar di bilik masjid. tidak ketinggalan dalam prasasti islam dan juga dekorasinya.

dikala dini konflik di suriah, banyak pengungsi membanjiri aleppo. mereka menjauhi hukuman di negara seorang diri. aleppo meresap mereka seluruh dan juga menjadikannya lebih kaya corak.

pada 2012, dikala perang kesimpulannya menggapai aleppo, populasi muslim dikala itu menggapai lebih dari 30 %. sisanya kristen dan juga minoritas lain.

demografi berbeda dengan kilat. bagi informasi pbb, dikala ini populasinya menyusut tajam. bagi catatan pusat biro statistik suriah, sensus pada 2004 menyebut aleppo ditempati dekat 2, 1 juta orang. pada akhir 2005, jumlahnya bertambah jadi 2, 3 juta orang.

perang sipil membikin separuh populasi menghilang. populasi di penggalan timur aleppo yang dikendalikan oposisi pada 2015 kabarnya cuma dekat 40 ribu orang.

sejarah yang dapat dilihat dari arsitektur aleppo juga sebagian besar sudah runtuh. aleppo berulang jadi ladang tandus dan juga berdebu. lebih kurang baik, tidak terdapat geliat sipil yang bertenaga menghidupkan kota. katedral st helena, sekolah - sekolah teologi islam, mamluk, dan juga zona pasar yang lain sudah sirna dibombardir.

pasar mamluk lampaunya merupakan kumpulan toko yang membentuk serupa labirin ular dan juga dibuat dari batu. dalam satu malam bulan september 2012, pasar dibom dan juga merangsang kebakaran hebat. sebanyak 40 ribu orang dagang bangkrut malam itu. kabar menyebut pelakon pengeboman merupakan pasukan presiden suriah bashar al - assad.






(sumber: http:// yesmuslim. blogspot. com/2016/12/masya-allah-ternyata-ini-keistimewaan. html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.